Sukses

Gigi Seri Patah

04 Dec 2014, 10:48 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok sy mau tanya adik sy usianya 8 thn giginya patah tp sdh bbrp bulan tdk ada tanda" giginya akan tumbuh kira" penyebabnya apa ya? Gigi yg patah adalah gigi seri trims

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi adik Anda dan memahami kekhawatiran terhadap kondisi tersebut. Sebelumnya Saya akan menjelaskan bahwa gigi pada manusia akan tumbuh dalam dua periode yaitu gigi susu pada masa balita usia 6 bulan sampai 3 tahun dan kemudian digantikan oleh gigi tetap pada usia 6 tahun- 13 tahun terakhir gigi geraham bungsu pada usia 17-20 tahun. 

Pergantian gigi susu oleh gigi tetap ini akan ditandai dengan goyangnya gigi susu secara fisiologis atau goyangnya gigi susu tersebut bukan karena telah terjadi kerusakan pada gigi, gusi atau tulang pendukungnya. Pergantian ini juga mempunyai waktu yang berbeda pada tiap-tiap gigi baik pada gigi rahang atas atau rahang bawah. Pada keadaan yang adik Anda alami ini tidak munculnya gigi tetap bisa saja dikarenakan memang belum saatnya gigi susu tersebut digantikan oleh gigi tetap. Gigi seri I1 dan I2 pada rahang atas dan rahang bawah mempunyai waktu yang berbeda dalam pertumbuhannya. Untuk memastikan hal ini diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi guna memastikan gigi seri mana yang bermasalah.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar