Sukses

Nyeri Pada Punggung Atas

06 Mar 2015, 11:54 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya awalnya flu dan batuk, kemudian juga ketika habis olahraga sepertinya otot saya di bagian lengan kiri ( sekitar dada, punggung belakang, dan lengan) terasa nyeri dan bagian tulang dada/rusuk juga ada sedikit nyeri. setelah konsultasi ke dokter katanya otot saya tertarik dan diberi obat pelemas otot dan saya agak membaik. tetapi 2 minggu kemudian punggung atas saya kembali sering nyeri dan tulang rusuk tengah ada sedikit nyeri juga. ( saya masih batuk walaupun sudah agak membaik) kira2 penyebabnya apa ya dok? terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Apakah nyeri pada punggung Anda menetap? Apakah nyerinya menjalar atau berasal dari dada atau bahu ? Apakah disertai keluhan nyeri dada? Apakah sebelumnya Anda memiliki riwayat terjatuh?

Nyeri pada punggung atas sering dikaitkan dengan nyeri atau kaku leher. Pada sebagian kasus memang  nyeri ini merupakan suatu kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan namun pada beberapa individu keluhan ini menjadi suatu keadaan yang sangat menggangu. Keluhan ini biasanya muncul akibat beberapa penyebab seperti salah posisi tidur, menggunakan komputer dengan waktu yang lama, ataupun akibat salah posisi duduk. Kecemasan dan stres juga dapat menyebabkan nyeri pada leher atau tulang belakang.

Cara mengatasi nyeri pada leher di rumah :

  • Bila sangat nyeri, Anda dapat mengkonsumsi obat-obatan untuk nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau beberapa anti-nyeri yang dapat dioles.
  • Cobalah untuk mengompres leher dengan kompres panas dan dingin, dapat mengurangi nyeri dan kekakuan otot.
  • Tidur dengan jumlah bantal yang tidak tinggi, cobalah untuk tidur dengan 1 bantal saja, hindari tidur dengan 2 atau 3 bantal selama masih ada nyeri dan kaku leher
  • Coba periksa postur tubuh Anda saat duduk, cobalah untuk selalu bersender dan tegap, namun hindari postur terlalu kaku.
  • Hindari menyetir mobil selama leher Anda kaku dan nyeri.
  • Bila leher nyeri disebabkan oleh otot yang terkilir coba untuk lakukan olahraga leher seperti gerakkan kepala Anda ke atas dan ke bawah serta gerakkan kepala ke samping kiri dan kanan.
  • Bila Anda sudah lama bekerja depan komputer, coba istirahat sejenak untuk melemaskan otot-otot pada leher.
  • Koreksi posisi duduk Anda jika beraktivitas di depan komputer dalam waktu lama. Pastikan posisi duduk Anda baik dan benar

Bila keluhan Anda tidak juga membaik, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi langsung dengan dokter terdekat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar