Sukses

Kecapean Setelah Pulang Kerja

21 Jan 2015, 23:32 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, saya sering merasa sangat kecapean setelah pulang kerja. Sangat kecapean sekali sampai-sampai ketika tiba dirumah saya langsung bisa tertidur, apakah itu normal? Dan amankah apabila saya meminum obat penambah stamina? Agar tidak terlalu merasa capek?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelelahan setelah seharian beraktivitas merupakan hal yang wajar. Rasa lelah merupakan sinyal tubuh agar Anda beristirahat untuk mengembalikan energi yang terkuras.

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat penambah stamina, ada baiknya Anda mencoba tips untuk meningkatkan energi kembali berikut ini;

  • Singkirkan adanya kemungkinan penyakit.

Fatigue merupakan gejala umum untuk banyak penyakit, seperti diabetes, anemia, penyakit tiroid, dan sleep apnea. Konsultasikanlah ke dokter bila Anda merasa lelah yang berlebihan. Beberapa obat dapat menyebabkan fatigue, termasuk beberapa obat antihipertensi, antihistamin, diuretik, dan lainnnya.

  •  Lakukan olahraga rutin.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan energi dalam tubuh. Olahraga memperbaiki efesiensi jantung, paru, dan otot. Bahkan berjalan selama 15 menit saja dapat meningkatkan energi tubuh.

  • Lakukan yoga.

Setelah 6 minggu mengikuti kelas yoga, relawan pada sebuah penelitian di Inggris melaporkan adanya peningkatan energi dan rasa percaya diri.

  • Cukupi kebutuhan air.

Minumlah air dalam jumlah yang banyak dan mencukupi kebutuhan. Karena kekurangan cairan (dehidrasi) menurunkan energi.

  • Tidur yang cukup.

Rekomendasi The Royal College of Psychiatrist adalah: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, cukupi waktu tidur Anda dan mandilah dengan air hangat sebelum tidur selama setidaknya 20 menit.

  • ]Konsumsi omega-3.

Sebuah penelitian tahun 2009 di Italia menunjukkan bahwa subjek yang mengkonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari merasa lebih kuat dan berenergi.

  • Kurangi lemak tubuh.

Cukupi porsi makan, hindari makanan berlemak, pilih menu yang memiliki nutrisi seimbang sehingga dapat meningkatkan aktivitas fisik. Pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari menu makanan keseharian Anda.

  • Makan lebih sering.

Makan dalam jumlah lebih sedikit dengan frekuensi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula darah, termasuk makanan selingan yang sehat.

  • Kurangi stres.

Lakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, membaca, atau berjalan-jalan.

Jika dengan cara-cara diatas tidak dapat membantu Anda, dan kelelahan yang dirasakan menetap walaupun dengan istirahat yang cukup, kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk menyingkirkan adanya kemungkinan penyakit yang mendasarinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar