Sukses

Payudara Gatal dan Luka

19 Jan 2015, 21:47 WIB
Wanita, 23 tahun.

Saya umur 23 Tahun dok.. belum menikah.. saya mau tanay dok kenapa ya dok payudara saya hampir 2 baulan ini luka dan gatal dok awalnya terkelupas seperti kulit kering dan gatal.. akiibat di garuk jadi luka.. sekarang jadi seperti luka kecil" banyak berdarah berair dan gatal sekali dok.. saya pakai salep awalnya mending. tapi kesininya muncul lagi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gatal di puting disertai pengelupasan kulit di sekitar areola atau daerah hitam di sekitar puting (bahkan di puting sendiri) wajar dialami bila menjelang menstruasi. Hal tersebut dikarenakan perubahan hormonal. Umumnya gejala terjadi 1 minggu sebelum menstruasi dan berlanjut selama menstruasi.

Keluhan gatal dan luka pada puting payudara juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti: iritasi (akibat pakaian dalam, gesekan), alergi, hingga infeksi, dll. 

Untuk itu penanganan awal Anda dapat melakukan:

  • Menjaga kebersihan dan kekeringan payudara dan pakaian Anda (termasuk pakaian dalam).

  • Jangan mengenakan pakaian yang terlalu longgar dan berbahan kasar karena akan semakin mengiritasi puting payudara Anda bila bergesekan.

  • Hindari tindakan menggaruk yang hanya dapat menambah iritasi puting payudara Anda.

  • Cobalah menggunakan krim pelembab di sekitar puting Anda.

 

Selain itu bahan bra yang kurang cocok juga dapat menyebabkan gatal. Untuk itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin karena permasalahan kulit akan lebih mudah didiagnosis setelah melakukan pemeriksaan langsung dan dengan itu dapat menentukan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar