Sukses

Riwayat Kista dan Haid Tidak Teratur, Ingin Memiliki Keturunan

29 Jan 2015, 08:37 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya ingin cepat hamil. Kebetulan saya dan suami sudah sering berhubungan tapi blmbkunjung dikaruniani anak jga. Apakah karena riwayat penykt kista yg saya idam dulu atau karena siklus menstruasi yg tdk teratur?

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi KlikDokter.

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir.

Menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Masa subur (ovulasi) akan terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.  Karena itu sebagai usaha untuk memiliki keturunan, coba fokuskan untuk berhubungan sekitar masa subur tersebut. Berhubungan seksual sehari setelah selesai haid kemungkinan tidak dapat menyebabkan kehamilan. 

Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika anda melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu. Kemudian Anda dan pasangan juga perlu melakukan hubungan seksual yang teratur 2-3 x/minggu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. 

Dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Kami sarankan Anda mengonsultasikan kondisi Anda kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan serta memberikan penanganan yang terbaik untuk Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar