Sukses

Kanker Kelenjar Getah Bening

23 Jan 2015, 17:21 WIB
Pria, 19 tahun.

Ha;-hal apa yang harus di waspadai untuk penyakit kanker kelenjar getah bening. Dan apa saja pantangannya. dan, apakah penyakit ini bisa di sembuhkan..?? Mohon solusi dan jawaban nya dokter...!! Terimakasih.. :)

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar getah bening (KGB) merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. KGB dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun yang sering kali dapat teraba jika terjadi pembesaran adalah di daerah leher, ketiak dan lipat paha(inguinal). KGB dapat membesar karena adanya penyakit atau infeksi, namun dapat juga membesar tanpa sebab yang jelas. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut.

Ketika kelenjar getah bening mengalami kanker, maka yang terjadi adalah sel limfosit (sejenis sel darah putih) yang sebelumnya normal menjadi abnormal dan ganas. Seperti halnya limfosit normal, limfosit ganas dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh termasuk kelenjar getah bening, limpa, sum-sum tulang, darah maupun organ lainnya.

Pada beberapa kondisi, karena pertumbuhan sel yang abnormal yang ada tersebut menjadikan muncul benjolan di beberapa titik tubuh yang terdapat posisi kelenjar getah bening. Akibatnya, mekanisme daya tahan tubuh menjadi terganggu.

Untuk mendapat tatalaksana yang tepat pada pembesaran kelenjar getah bening, maka harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah keganasan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan terapi yang optimal baik berupa kemoterapi, radiasi, tindakan bedah atau intervensi lainnya. Jadi kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara rutin dengan dokter yang memeriksa Anda, sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat dan menyeluruh. Kami tidak menyarankan penggunaan obat-obatan tanpa petunjuk dokter ataupun pengobatan herbal yang tidak jelas sumbernya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar