Sukses

Pengobatan Diabetes Mellitus

29 Jan 2015, 22:57 WIB
Wanita, 29 tahun.

saya ingin menanyakan kondisi ayah saya mengenai penyakit diabetes, kadar gula ayah saya, pernah mencapai 327 (gds),karena obat (latibex) dan diet, kemarin gula darah menjadi 98 (gula puasa), apa tetap harus minum obat? kemarin waktu tinggi, minumnya sehari 2x, apa sekarang dirubah intensitasnya menjadi sehari 1x?? tolong masukan dan sarannya. Terima kasih.

Terimakasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Diabetes mellitus merupakan suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Untuk menangani diabetes diperlukan bukan sekedar pengobatan (obat hipoglikemik oral) untuk mengontrol kadar gula dalam darah, namun juga perencanaan makan dan latihan jasmani (olah raga). Dengan penanganan tersebut diharapkan kadar gula dapat terkontrol, komplikasi dapat dihindari dan kualitas hidup penderita diabetes dapat dijaga.

Sebelum menentukan pengobatan pada diabetes, penting dilakukan pemeriksaan terhadap kadar gula darah. Baik gula darah sewaktu, gula darah 2 jam post prandial (setelah makan), dan gula darah puasa, bila perlu pemeriksaan HbA1C untuk melihat kadar gula darah selama 3 bulan terakhir. 

Oleh karena itu dalam hal ini kami tidak bisa menentukan pengobatan untuk ayah Anda, karena tidak dilakukan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan kadar gula darah saat ini. Untuk pengobatan, kami sarankan ayah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan fisik langsung, pemeriksaan kadar gula darah ulangan, dan pemeriksaan fungsi  ginjal dan hati bila diperlukan. Hasil pemeriksaan dapat menentukan pengobatan untuk ayah Anda. Obat hipoglikemik oral apa yang cocok, apakah harus dikombinasi atau harus diganti dengan insulin.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar