Sukses

Kaki Gatal dan Lecet Berbentuk Lingkaran

23 Jan 2015, 02:06 WIB
Pria, 21 tahun.

dok kulit di kaki saya (diatas mata kaki) terasa sangat gatal dan semakin memerah seperti lecet (berbentuk lingkaran), setelah sekitar 3 minggu luka dikaki saya menjadi ber air (nanah) dan disekitar luka terdapat bintik - bintik atau bentol - bentol merah berukuran kecil tetapi gatal nya mulai berkurang, kira - kira itu knapa ya dok ? (salep yg digunakan minggu prtama formyco, kemudian ganti menjadi diprosta, dan minggu ke 3 terakhir menggunakan salep murazid) terima kasih dok sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sayangnya Anda tidak menyebutkan sejak kapan Anda mengalami keluhan ini. Diperlukan informasi lebih jauh mengenai masalah kulit Anda seperti, ukuran, bentuk, luasnya, daerah sekitarnya. Masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda, keluhan Anda dapat disebabkan oleh neurodermatitis sirkumskripta atau Liken Simpleks Kronik (LSK).

Liken Simpleks Kronik atau LSK merupakan suatu gangguan gatal pada kulit yang kronik (lama dan berulang). Karena kondisi yang sering gatal dan kemudian digaruk, maka beberapa bagian kulit akan menebal. Kekhasan dari LSK adalah gatal tersebut pada umumnya terjadi di kala istirahat dan menghilang di kala beraktivitas, seperti yang Anda alami sekarang. Penyebab pasti dari LSK belum diketahui. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa LSK dapat berhubungan dengan penyakit kulit lain seperti eksim, psoriasis, atau kulit yang kering. Stres dan kecemasan dapat mencetuskan LSK. LSK umumnya muncul pada usia 30-50 tahun dan lebih sering terjadi pada wanita. LSK terjadi pada daerah kepala, leher, lengan dalam, siku, alat kemaluan, bagian dalam paha, lutut, tumit, dan kaki. Riwayat keluarga yang memiliki eksim, psoriasis, dan neurodermatitis sendiri juga mungkin didapatkan pada pasien dengan LSK. Akan lebih baik apabila Anda melakukan tes alergi untuk melihat apakah Anda memiliki faktor alergi sebagai pencetus dari LSK.

Dapat juga keluhan Anda adalah bekas luka karena dermatitis numularis yang bersifat basha, menahun dan biasanya terdapat di daerah tungkai dan tangan/lengan.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan langsung terhadapkeluhan kulit Anda untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian pilihan penanganan yang diambil juga tepat dan sesuai serta efektif.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar