Sukses

Terkena Infeksi Darah

20 Jan 2015, 18:07 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, pada badan saya sering muncul lebam-lebam berwarna biru. Setelah melakukan pemeriksanaan darah lengkap ke Prodia, kadar Eusinofil & LED saya sangat tinggi. Petugas Prodia mengatakan saya terkena infeksi darah. Saya ingin tahu apa itu infeksi darah ? Apa saya perlu memeriksakan diri ke dokter ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun infeksi darah yang dikenal oleh dunia medis adalah sepsis, yaitu infeksi berat yang tersebar dalam seluruh tubuh dimana mikroorganisme penyebab infeksi sudah menyebar dalam darah. Kondisi ini rasanya bukanlah gangguan yang terjadi pada Anda. Kondisi sepsis ditandai dengan gejala demam tinggi hingga menyebabkan penurunan kesadaran.

Eosinofil Tinggi pada darah disebut dengan eosinofilia. Eosinofilia bukan merupakan suatu penyakit, tetapi merupakan respon terhadap suatu penyakit. Peningkatan jumlah eosinofil dalam darah biasanya menunjukkan respon yang tepat terhadap sel-sel abnormal, parasit atau bahan-bahan penyebab reaksi alergi (alergen).

Sedangkan LED (laju endap darah) yang tinggi merupakan petanda adanya infeksi kronis yang terjadi dalam tubuh Anda, namun tidak dapat menunjukkan penyebab infeksinya, hanya sebagai petanda saja. Kondisi Alergi atau infeksi oleh parasit (cacing, dll) bisa menjadi contoh penyebab yang menyebabkan peningkatan eosinofil dan LED.

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Suatu diagnosis tidak bisa ditegakkan hanya berdaasarkan hasil laboratorium saja. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar