Sukses

Tiba-tiba Batuk Berdarah

20 Jan 2015, 19:29 WIB
Pria, 36 tahun.

Please Tolong, apa penyakit saya. tiba-tiba saya batuk-batuk muntah darah segar. mengalir seperti kesedak sama darah sendiri. sebelumnya saya tidak batuk. saya perokok 1bks 2 hari. mohon bantuannya. setelah saya cek ke rumkit, hasil test darah dan dahak negatif TB, tetapi dokter putuskan TB melihat hasil photo torak (rengent). kira2 jenis TB apa yang saya alami. hampir setiap hari darah segar keluar. mohon bantuannya terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Darah tersebut dapat berasal dari saluran pencernaan maupun saluran pernapasan. Jika batuk disertai darah disebut sebagai hemoptisis. Ada banyak penyebab hemoptisis (masalah jantung, trauma, infeksi, penyakit paru-paru, dll). Di seluruh dunia, TBC adalah penyebab paling umum dari hemoptisis. 

Jika jumlah darah sedikit dianggap hemoptisis ringan. Sekitar 70% dari hemoptisis ringan memiliki penyebab jinak dan dapat menghilang dengan sendirinya tanpa efek serius atau permanen. Hemoptisis juga dapat disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang disebabkan oleh batuk terlalu keras dan/atau infeksi bronkitis .

Pada orang dengan riwayat merokok, hemoptisis bisa menjadi tanda dari penyakit serius, termasuk kanker. Sebagian besar penyebab umum hemoptisis pada perokok adalah bronkitis, kanker paru-paru, dan pneumonia. Kanker paru-paru harus dicuriga pada perokok dengan usia ≥ 40 tahun. Bronkitis juga dapat memiliki gejala batuk berdahak disertai darah terutama pada pagi hari. Bronkitis kronis adalah salah satu bentuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Untuk memastikan penyebab keluhan Anda ini, kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis Paru untuk mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar