Sukses

Batuk dan Wasir Dalam Kehamilan

16 Feb 2015, 19:35 WIB
Pria, 25 tahun.

Malem dok. Begini usia kakak perempuan saya 35 lagi mengandung anak pertama dan sekarang berjalan 8bln yg aku tanyakan..dan masih bekerja 1. Kenapa kok 2minggu ini kakak saya sering batuk &udah ke dokter katanya gak apa2 dan d beri obat batuk & malah batuk nya malah sering sampai setiap batuk mukak wajah merah ... 2. 2Hari ini kakak sering ke toilet, dia bilang pengen be'ol tapi gak bisa itu kenapa yaa ... dan ada benjolan di anus ...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk dan pilek pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat sehingga tubuh lebih rentan untuk mendapatkan infeksi saluran napas.

Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Menurut US Food and Drug Administration (FDA), obat tersebut termasuk dalam kategori C bagi ibu hamil, artinya telah dilakukan pengujian obat tersebut terhadap hewan dan menunjukkan adanya efek terhadap janin hewan, namun belum dilakukan pengujian secara langsung terhadap manusia. Obat kategori C hanya boleh diberikan jika benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil karena mungkin berpotensi untuk menimbulkan kecacatan pada janin. Karena itu, untuk mengatasi batuk anda dapat minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol.

Selain itu, sebaiknya anda minum banyak cairan dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh  anda. Dan yang terpentin Anda harus istirahat cukup.

Sedangkan mengenai benjolan pada anus, kami menduga Hemorrhoid atau ambeien sebagai penyebabnya. Ambeien atau wasie merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat mengedan (kesulitan buang air besar atau diare). Duduk yang terlalu lama juga dapat menyebabkan terjadinya wasir.

Wasir dalam kehamilan dapat bertambah besar karena peningkatan tekanan intraabdomen dalam kehamilan. Ketika melahirkan pun benjolan wasir dapat keluar dari anus dikarenakan prosesi mengedan yang harus dilalui sebagai bagian dari proses kelahiran normal. Selama benjolan wasir ini masih dalam grade II atau benjolan dapat masuk sendiri setelah keluar dari anus, maka yang terpenting adalah mencegahnya agar tidak bertambah berat.

Cara untuk menghindari peningkatan derajat wasir menjadi lebih parah lagi dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah :

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • •Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari

Untuk memastikannya kami sarankan Anda untuuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai obat-obatan yang dapat digunakan selama istri anda hamil, anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Obat-Obatan di Dalam Kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar