Sukses

Timbul Bintik Berair dan Gatal Pada Area Sekitar Luka

19 Feb 2015, 09:16 WIB
Pria, 54 tahun.

sy klo luka walau hnya trgores,lama smbuhnya,krn d sktr luka tsb tmbul bintik2 gatal&berair,prnah sy prksa k dr kmgkinan alergi betadin,trus di beri obat snexon,salep futaderm,tp smp skrg smbh tp klo luka nya smbuh,gatal2 nya d kaki/tangan masih tetap, trims.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lamanya penyembuhan luka berbeda-beda tergantung dari derajat luka dan kondisi sistem kekebalan tubuh individu itu sendiri.

Pada saat terjadi luka, akan terbentuk pintu masuk mikroorganisme jahat yang seharusnya tidak bisa menembus kulit. Kuman yang masuk, jika tidak terlawan oleh kekebalan tubuh maka akan membentuk infeksi baik infeksi lokal disekitar area luka maupun menyebar ke seluruh tubuh. Infeksi akan disertai dengan tanda-tanda radang, dan biasanya diikuti dengan demam.

Selain itu memang rasa gatal dan timbul bintik kecil dapat diakibatkan oleh reaksi alergi, baik akibat alergen dari lingkungan maupun alergi obat yan diaplikasikan pada area tersebut.

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Jika memang keluhan tidak membaik dan semakin memberat, kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar