Sukses

Operasi Tiroid dan Sedang ASI Eksklusif

22 Jan 2015, 21:01 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter. Sy pasien yg divonis thyroid di leher. Sudah sejak 3 th lalu. 2 kali sy usg. Hasilnya smkin membesar. N dokter menyarankn oprasi. Tp sy abaikan. Nah skrang ini sy sdng program asi esklusif. Yg sy rasakan dl n skarang beda. Dl tdk skit tp skrang serasa gatl,berat dan rsanya wajah jd gak bs fresh (pucet). Mohon saran apakah sy harys oprasi skarang atau mnunggu asix slsai? Trimakasi dok.

 

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium.

Hipertiroid merupakan manifestasi atau gejala yang timbul akibat kelenjar tiroid yang hiperaktif, namun sayang sekali karena Anda tidak menyebutkan penyebab hipertiroid yang Anda alami.  Terdapat beberapa penyebab hipertiroid, yaitu:

  1. Penyakit graves (tersering)

  2. Adenoma toksik

  3. Karsinoma tiroid

  4. Gondok multinodusa toksik

  5. Tiroiditis subakut

  6. Obat (yodium, litium), dsb

Prinsip pengobatan pada pasien hipertiroidisme tergantung dari penyebab hipertiroidisme tersebut, usia pasien, riwayat alamiah perjalanan penyakit, tersedianya terapi atau tidak, risiko pengobatan, dsb. Diperlukan diskusi dan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien agar mendapatkan hasil yang optimal. Kelompok besar pengobatan hipertiroidisme sendiri dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Obat anti tiroid minum (tirostatika)

  2. Operasi (Tiroidektomi)

  3. Penggunaan zat radioaktif (yodium radioaktif)

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai pembesaran tiroid yang akhir-akhir ini Anda rasakan. TIdak semua penyakit dengan gejala hipertiroid memerlukan operasi, untuk itu sebaiknya Anda segera memeriksakan diri sehingga pengobatan dan tindakan yang tepat dapat segera dilakukan. Namun bila sebelumnya dokter menganjurkan operasi, sebaiknya dilakukan operasi. Berkaitan dengan Anda sedang memberi ASI eksklusif, sebaiknya konsultasikan lagi kapan waktu yang baik untuk dilakukan operasi, apakah dapat menunggu sampai pemberian ASI eksklusif selesai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar