Sukses

Kista Di Mulut Rahim dan Kesuburan

19 Jan 2015, 01:44 WIB
Pria, 31 tahun.

met malam... dok saya mau tanya, 2 bulan lalu saya periksa kehamilan istri saya ke dokter Ektin, SPOG, ahli kandungan di Maluku Tenggara, kata Pak Dokter dari hasil USG kata nya istri saya blm hamil karena ada nya kista di mulut rahim nya sebesar kurang lebih 4 cm, lalu saya disarankan untuk kembali periksa 2 bulan lagi. yang saya ingin tahu apa kista pada istri saya dapat menyebabkan istri saya blm bisa hamil ataukah saya harus periksa kualitas sprema saya dikarenakan saya seorang perokok. saya dan istri saya menikah bulan mei 2014, dan sampai sekarang istri sy belum ada tanda tanda hamil. trimakasih sebelum nya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gangguan kesuburan pada kasus ini hanya karena pada saat berhubungan mulut rahim tidak terpapar oleh sel sperma. Biasanya untuk kasus seperti ini di upayakan agar cairan sperma, bisa mencapai mulut rahim, misalnya dengan posisi ibu setelah berhubungan meletakkan punggung ditempat yang lebih tinggi (diganjal).

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melakukan hubungan intim dengan posisi Doggy Style (dari arah belakang) sehingga sperma tidak akan keluar lagi. Setelah itu jangan langsung tidur/berdiri, namun tetap berada dalam posisi sujud sekitar 20-30 menit. Jika kemungkinan penyebab infertilitas yang lain tidak dijumpai, maka upaya operasi rekonstruksi dapat dilakukan.

Namun, agar kehamilan Anda nantinya tidak terganggu maka kista dan miom pada rahim Anda perlu ditangani dengan baik terlebih dahulu.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar