Sukses

Radang Tenggorokan

19 Jan 2015, 01:26 WIB
Pria, 44 tahun.

Antibiotik utk radang tenggorokan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Radang tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena seringkali disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebabnya bervariasi dari penyebab noninfeksi hingga infeksi. Penyebab noninfeksi adalah akibat iritasi tenggorokan yang umumnya berkaitan dengan pola makan (makanan panas dan berminyak, makanan pedas), kekeringan (kurang minum, demam), dan trauma (akibat batuk yang terlalu keras) pada tenggorokan. Sedangkan dari penyebab infeksi yang paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%), diikuti oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridans, streptococcus pyogenes (sekitar 15%), dan jamur.

Bergantung dari penyebabnya, terapi yang diberikan bervariasi. Radang tenggorokan noninfeksi cukup disarankan untuk konsumsi air mineral yang banyak, asupan nutrisi dan istirahat cukup, disertai tindakan-tindakan pencegahan dengan menghindari faktor-faktor di atas. Sebagai tambahan, dapat diberikan tablet hisap tenggorokan yang mengandung antiseptik dan/atau antinyeri. Terapi ini juga dapat diberikan pada radang tenggorokan akibat infeksi virus, karena sifatnya yang self-limiting (dapat sembuh spontan tanpa pengobatan).

Antibiotik baru diberikan apabila penyebab radang tenggorokan yang dicurigai adalah karena bakteri. Namun infeksi virus tidak jarang juga disertai dengan infeksi bakteri sehingga pemberian antibiotik terkadang dapat mempercepat dan meningkatkan kesembuhan.

Untuk mendapatkan terapi tersebut, sebaiknya Anda terlebih dahulu memeriksakan diri kepada terdekat. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghentikan kebiasan penggunaan bebas antibiotik yang dapat berakibat resistensi antibiotik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar