Sukses

Cara Mencegah Kanker Ovarium

22 Jan 2015, 18:23 WIB
Wanita, 53 tahun.

dinoksa tumor bold terapi kemo 3 kali, sebelumnya saya ca ovarium 2 c pencegahan agar tidak tumbuh lagi bagaimana

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks. Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan misalnya seperti pada pemeriksaan payudara sendiri atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks. Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadium lanjut (stadium 3 atau 4) karena gejala awalnya tidak khas.

Untuk mendiagnosis kanker ovarium, diperlukan serangkaian pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan rongga panggul, pemeriksaan penanda kanker CA-125, ultrasonografi (USG) dan biposi jaringan.

Gejala Kanker Ovarium
Sebagai penyaring kewaspadaan, para wanita diharapkan untuk tidak meremehkan gejala-gejala ringan yang seringkali muncul dan menetap dalam waktu lama, karena gejala kanker ovarium pada stadium awal biasanya hanya berupa gejala-gejala ringan. Gejala kanker ovarium pada wanita yang perlu diwaspadai adalah:

  1. Perasaan kembung yang sering muncul, menetap dan tidak menghilang dalam waktu lama.

  2. Ukuran perut yang bertambah.

  3. Cepat merasa kenyang walau hanya makan sedikit.

  4. Sulit makan karena hilang nafsu makan, mual, dan rasa terbakar di dada.

  5. Nyeri perut.

  6. Nyeri daerah kewanitaan

  7. Sering buang air kecil dan perubahan pola buang air besar.

  8. Mengalami rasa lelah berlebihan dan/atau nyeri punggung.

Sampai saat ini belum ada cara yang dikenal untuk mencegah kanker ovarium. Tapi hal-hal dapat menurunkan kemungkinan Anda untuk terkena kanker ovarium:

  • Setelah digunakan pil KB selama lebih dari lima tahun.

  • Setelah memiliki ligasi tuba (mendapatkan tabung Anda terikat), kedua indung telur diangkat, atau histerektomi (operasi di mana rahim, dan kadang-kadang leher rahim, dihapus).

  • Setelah melahirkan.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar