Sukses

Cara Mengatasi Jerawat

21 Jan 2015, 23:08 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, saya punya jerawat di bagian pipi kanan dan kiri + dagu (kalo di dagu kadang-kadang). kondisinya merah gitu dok dan kadang-kadang gatal. mama bilang itu karena aku sering banget makan telur. ok aku berhenti makan telur. produk ini itu udah aku coba. dari mulai yang ringan sampe yang harganya bikin kantong kosong. bekasnya pun ga hilang-hilang. saya jujur udah nyaris nyerah dok. padahal waktu saya masih kelas 1 smk sampe bulan september itu masih mulus dok. eh sekarang udah setahun lebih ditemani sama jerawat yang bener2 bikin pede ku hilang bahkan sekarang guru udah sering nyindir. gimana ya dok caranya biar hilang jerawatnya. sedih banget dok ga berani sekarang aku liat kaca. jijik senciri. makasih ya dok

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-consultation KlikDokter.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan timbulnya jerawat, yaitu:

  • Stress

  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.

  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif

  • Keturunan dari orangtua

  • Bakteri di pori-pori kulit

Oleh sebab itu, pengobatan jerawat perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik. Masing-masing individu memiliki faktor pencetus yang berbeda-beda, sehingga penanganan pun harus benar-benar individualistik. Apa yang cocok pada orang lain, belum tentu cocok pada Anda dan begitu pula sebaliknya.

Kondisi kulit berminyak memang merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat membutuhkan waktu untuk dapat menunjukkan hasil optimal, biasanya sesudah 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan  kebersihan wajah. 

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Oleh karena itu, kami sarankan Anda tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat membutuhkan waktu yang lama dan terapi serta pemantauan yang konsisten. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Untuk jerawat yang keras "jerawat batu" juga dapat dilakukan penyuntikan obat golongan kortikosteroid untuk mengempeskan jerawat nanti dapat diikuti dengan ekstraksi dari jerawat dan pemakaian krim. Tindakan ini hanya dapat dilakukan oleh dokter specialis kulit dan kelamin, jadi kami sarankan memang sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kulit dan kelamin. 

Berikut adalah artikel-artikel kami mengenai tips mengatasi "Jerawat":

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

Diet Rendah Karbohidrat Baik untuk Jerawat

Stress dapat Memperparah Jerawat

Tetap Cantik Kala Berjerawat 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar