Sukses

Membiarkan Anak Main Di Tanah

21 Feb 2015, 22:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok bermain yang bagaimana yang dianjurkan untuk anak2.apakah bOlehkah kita membiarkan main di tanah atau pasir atau tempat2 kotor..karena biasanya anak saya maunya di tempat seperti itu

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Melihat Anak bermain ditempat yang terlihat kotor memang dapat mengundang kekhawatiran orangtua, karena pada umumnya tempat kotor mengandung banyak bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. 

Namun, sebaiknya sesekali anda juga perlu membiarkan anak bermain ditempat yang demikian, alasannya;

  • Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Di lingkungan yang higienis, anak tidak mendapat banyak paparan bakteri. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh mereka lemah, yang menyebabkan penyakit asma dan penyakit lainnya. Padahal, paparan awal mikroba di tanah dapat membantu anak-anak menjadi lebih kuat dan tahan penyakit.

  • Baik untuk otak

Akibat kemajuan tekhnologi saat ini telah banyak permainan yang dimainkan didalam rumah, sehingga membuat anak candu dan malas untuk beraktivitas diluar rumah. Lebih baik biarkan mereka main di tanah karena meningkatkan fungsi kognitif mereka. Bakteri tanah terbukti membantu mengaktifkan fungsi otak yang lebih baik.

  • Relaksasi

Bermain lumpur membuat anak santai dan tenang. Bau lumpur dan mikroba di dalamnya membantu anak relaksasi dan membuatnya bahagia. Selain itu, ketika mereka bermain-main di lumpur dengan orang lain, akan membuat mereka tertawa dan mengurangi tingkat stres.

  • Peduli lingkungan

Banyak anak yang tak tahu betapa berharganya alam, karena jarang beraktivitas di sana. Membiarkan anak-anak bermain di luar menciptakan kenangan indah dengan alam dan membuat mereka belajar melindunginya hingga dewasa.

  • Lumpur adalah "seni"

Jangan berteriak dan melarang anak bermain di tempat yang kotor. Ajak mereka membuat pot atau benda-benda lain sesuai imajinasi mereka. Hal ini akan membantu anak mengembangkan sisi seni anak, sehingga menjadi orang dewasa yang kreatif.

Namun tentunya perlu pertimbangan yang lebih bijaksana dalam menyikapi hal ini. Kelima alasan tadi tidak serta merta membuat anda membiarkan anak begitu saja bermain ditempat kotor tanpa ada pengawasan orang dewasa. Karena anak-anak pada umumnya belum sepenuhnya mengerti tingkat bahaya yang ada disekitar mereka, untuk itu dibutuhkan orang tua yang selalu dapat mengingatkannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar