Sukses

Efek Samping KB IUD

10 Nov 2014, 12:30 WIB
Wanita, 26 tahun.

Setelah pakai IUD siklus mens saya berubah dok.masa benar2 bersih hanya sekitar 1 minggu.yang sisanya haid dan ngeflek.apa itu normal dok

 

Ibu yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Efek samping  dari metode kontrasepsi IUD (spiral) copper T adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jika efek samping tersebut muncul dan membuat tidak nyaman maka Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai penggantian metode KB yang sesuai untuk Anda. Menstruasi yang banyak keluar bukanlah manfaat dari KB IUD namun merupakan efek samping yang memang tidak diinginkan untuk terjadi.

Yang perlu Anda perhatikan adalah dalam pemakaian KB IUD, memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu  1 bulan pascapemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu. Bila keluhan semakin mengganggu, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengganti jenis KB.

Kami sertakan artikel mengenai berbagai metode kontrasepsi yang dapat Anda pilih sebagai alternatif metode KB Anda: Keluarga Berencana.

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar