Sukses

Batuk Pilek Pada Anak

22 Jan 2015, 17:46 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, Saya mempunyai anak yang sekarang sudah berusia 2 tahun 4 Bulan. Sudah Hampir sebulan anak Saya sakit batuk dan pilek. Jadi Pertamanya anak Saya batuk kurang lebih 2 minggu dan sehari setelah batuknya sembuh lalu pilek dan sampai sekarang. Sekarang anak Saya batuk lagi dan pilek. Jadi yang mau Saya tanyakan apakah berpengaruh nantinya dengan imun tubuh anak Saya dengan pemberian obat patent yang berkepanjangan? Saya merasa kasihan dengan memberikan obat2an setiap hari dan Saya sempat berpikir Utk berhenti memberikan obat kepada anak Saya,dan membiarkan sakitnya sembuh sendiri, tapi Saya takut tdk sembuh-sembuh. Dan apakah ada pengaruhnya obat2an itu kepada lambungnya nanti? Dan juga apakah ada cara alami untuk menyembuhkan batuk dan pilek anak2? Terima kasih sebelumnya Dokter untuk perhatiannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.

Namun tentu saja untuk mengetahui kondisi anak Anda sesungguhnya harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu karena sulit untuk mendiagnosis penyebabnya apabila tidak dilihat secara langsung. Apakah anak Anda mengalami perbaikan gejala/keluhan? Jika selama 7-10 hari  semenjak sakit, tidak nampak adanya perbaikan gejala pada anak Anda atau bila memang anak Anda juga sudah semakin sulit bernapas dan ingus atau dahak menjadi semakin kuning-kehijauan maka sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter anak Anda.

Terkait obat-obatan, sayang sekali kami tidak dapat memberikan pengobatan ataupun merk obat tertentu kepada Anda karena dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar