Sukses

Solusi Asam Urat

19 Jan 2015, 08:06 WIB
Wanita, 44 tahun.

Pagi Dok,sy mau tanya...akhir2 ini sendi di lutut sy sakit,sy cek ke dr tnyta asam urat sy agak tinggi 8,6...mhn saran mkn apa yg tdk blh dikonsumsi,,adakah menu dietx?spy BB sy jg sekalian turun nih Dok,,trims.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai asam urat. Gout atau orang awam bilang “asam urat” adalah suatu kondisi dimana tubuh tidak dapat mengontrol  asam urat, sehingga kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh. Gout ditandai dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dan menyebabkan inflamasi (radang) pada persendian (artritis).  Gout kronik (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat didalam dan sekitar persendian, menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Gejala dan Tanda

Gejala awal dari artritis gout adalah panas, kemerahan dan pembengkakan pada  sendi yang tipikal dan tiba-tiba. Persendian yang sering terkena adalah persendian kecil pada basis dari ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku. Pada serangan akut penderita gout dapat menimbulkan gejala demam dan nyeri hebat yang biasanya bertahan berjam-jam sampai seharian, dengan atau tanpa pengobatan. Seiring berjalannya waktu serangan artritis gout akan timbul lebih sering dan lebih lama.

Pasien dengan gout meningkatkan kemungkinan terbentuknya batu ginjal. Kristal-kristal asam urat dapat membentuk tophi (benjolan keras tidak nyeri disekitar sendi) di luar persendian. Tophi sering ditemukan di sekitar jari tangan, di ujung siku dan sekitar ibu jari kaki, selain itu dapat ditemukan juga  pada daun telinga, tendon achiles (daerah belakang pergelangan kaki) dan pita suara (sangat jarang terjadi).

Mengenai diet asam urat, kami sertakan artikel-artikel berikut:

Untuk mendiagnosis penyakit asam urat maka perlu dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah. Setelah diketahui hasilnya tinggi namun tidak memberikan gejala maka perlu ditentukan perubahan diet dalam 3 bulan ke depan kemudian dilakukan pemeriksaan kadar asam urat ulangan. Jika masih tinggi maka dapat diberikan obat allopurinol yang perlu diberikan dalam pemantauan dokter dan tidak boleh diminum sembarangan.

Bila kadar asam urat tinggi dan memberikan gejala (misal: pembengkakan sendi) maka perlu mengunjungi dokter untuk terlebih dahulu diberikan obat anti radang. Obat anti asam urat baru diberikan setelah peradangan mereda. Selain itu, perlu juga dilakukan pemeriksaan fungsi ginjal. Obat anti asam urat tidak menyebabkan ketergantungan, namun pemakaiannya harus ada dalam pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar