Sukses

Penggunaan Insulin

28 Nov 2014, 13:54 WIB
Pria, 32 tahun.

dok, sy uda 1 blln menggunakan insulin novomix, 2x sehari.. mau ty sampai kpn sy hrs memakai insulin dok? ada kbr klw uda pake itu uda seumur hidup yh dok?a

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Hingga saat ini diabetes belum dapat disembuhkan. Penelitian medis dalam hal ini masih gencar dilakukan. Namun diabetes dapat dikendalikan. Kebanyakan orang dengan diabetes belajar mengelola penyakit mereka dan dapat hidup dengan normal di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Tanpa perawatan yang tepat, diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada organ jantung dan pembuluh darah, saraf, ginjal, mata, kulit, dan lainnya.

Apakah selain terapi insulin, terdapat obat lain yang Anda minum saat ini? Penggunaan insulin bergantung pada kebutuhan masing-masing individu. Beberapa orang dapat mengurangi kebutuhan terapi insulin apabila mereka dapat mengatur makan, aktivitas fisik dan olahraga, menjaga berat badan, dan bila sel beta pankreas (yang menghasilkan hormon insulin) masih dapat berfungsi secara adekuat. Namun apabila tubuh Anda sudah tidak dapat menghasilkan hormon insulin, maka Anda harus menggunakan insulin seumur hidup. 

Perlu diketahui poin penting mengenai pengelolaan diabetes. Pada prinsipnya terdapat 5 langkah (5 pilar diabetes) dalam mengontrol kadar gula darah, antara lain:

  1. Edukasi berkelanjutan: seiring dengan kemajuan teknologi, Anda dapat mengikuti info medis terkini mengenai diabetes. Anda juga dapat mengikuti seminar awam mengenai diabetes dan komplikasinya yang sering diselenggarakan oleh berbagai institusi kesehatan (RS, klinik, dan lainnya)

  2. Melakukan perencanaan makan dengan 3J ( pengaturan jadwal makan, jenis makanan, jumlah kalori), serta menjaga berat badan ideal sesuai dengan Indeks Massa Tubuh

  3. Melakukan aktivitas fisik/olahraga teratur 

  4. Intervensi farmakologis, yaitu pengobatan dengan menggunakan anti diabetik oral maupun terapi insulin. Obat untuk diabetes berfungsi meningkatkan sensitivitas hormon insulin dalam pengaturan kadar gula darah, serta menurunkan kadar gula darah. Terapi harus dilakukan rutin dan dalam waktu yang sama setiap harinya agar metabolisme glukosa teratur dan target kadar gula yang diinginkan tercapai

  5. Memeriksa kadar gula darah & konsultasi medis rutin (tes gula darah sewaktu, gula darah puasa, atau HbA1c). Salah satu cara praktis adalah dengan menggunakan alat tes gula darah yang dapat digunakan di rumah dan kantor untuk memantau kadar gula darah.

Berikut artikel terkait untuk melengkapi informasi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda sehat selalu.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar