Sukses

Luka Perban Berbau dan Nyeri

28 Jan 2015, 18:27 WIB
Wanita, 5 tahun.

Dok 1 Minggu yg lalu anak saya jatuh dari sepedah dan luka di bagian kaki"1 Minggu perban bagian dalam nya tidak di ganti sama dokter yg aku datangin saat ini "dan skrng berban ( warping bagian kaki anak saya yg luka mengeluarkan bau ) itu bahaya atau tidak ya Dok "atau saya buka aja ya Trs kasih betadin tapi klo saya sentuh kaki anak saya dia merasa masih sakit sekali kaki nya jadi bingung saya Dok ? Tolong jawab ya Dok perban di kaki nya itu bau bahaya atau tidak ya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kemungkinan yang dialami anak Anda adalah infeksi sekunder (infeksi bakteri) pada bekas lukanya. Hal ini dapat disebabkan karena luka yang tidak bersih, perawatan luka yang kurang baik (perban sering basah terkena air), ataupun sering terkena debu atau sesuatu yang tidak steril. Penggantian perban normalnya adalah 3-7 hari, tergantung dari kondisi luka.

Tanda infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh proses infeksi mencakup adanya kemerahan, nyeri, panas, keluarnya nanah yang berbau. Untuk memastikannya luka tersebut harus dilihat olah dokter. Bila memang terjadi infeksi, dokter akan membersihkan luka dengan cairan fisiologis dan memastikan tidak ada pus (nanah) yang tersisa. Kemudian diberi cairan antiseptik dan salep antibiotik bila perlu, setelah itu baru ditutup dengan kassa steril. Pasien juga membutuhkan antibiotik oral (obat minum) untuk mengatasi infeksi bakteri yang terjadi. Kami sarankan Anda kembali membawa anak Anda ke dokter terdekat untuk dilakukan peanganan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar