Sukses

Sebab Nyeri Kepala

15 Jan 2015, 18:14 WIB
Pria, 29 tahun.

Dokter sy mw tanya sy sering banget sakit kepala apalagi setelah bepergian jauh itu kenapa ya klo udah minum obat hilang sakitnya kenapa ini sangat sering terjadi mohon penjelasannya terimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri Kepala atau dikenal dalam bahasa medisnya cephalgia/sefalgi adalah rasa nyeri atau rasa tidak enak di kepala, setempat atau menyeluruh dan dapat menjalar ke wajah, mata, gigi, rahang bawah, juga leher/tengkuk (leher bagian belakang). Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri kepala yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Hal tersebut dikarenakan nyeri kepala bukanlah gejala spesifik yang menunjukkan suatu gangguan tertentu. Nyeri kepala dapat merupakan gejala yang berdiri sendiri ataupun merupakan suatu gejala dari penyakit yang lebih besar.

Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah nyeri kepala hanya terdapat pada puncak kepala, seluruh bagian kepala atau sebelah? Nyeri seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang? apakah Anda memiliki riwayat penyait tertentu seperti hipertensi, diabetes, stroke atau penyakit lainnya?

Sakit kepala pada umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, perdarahan intrakranial dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui obat yang tepat, kita harus mengetahui dulu penyakit apa yang diderita. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat pergi ke dokter umum ataupun dokter spesialis penyakit dalam. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan penunjang lainnya. Untuk memperkaya pengetahuan anda tentang penyebab dari sakit kepala, anda dapat membaca artikel klikdokter sebagai berikut:

Sakit Kepala (Headache)

Sakit Kepala Migrain

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar