Sukses

Merapikan Posisi Gigi

11 Nov 2014, 16:09 WIB
Wanita, 8 tahun.

DOK, 2 buah gigi depan bagian atas setelah tanggal, keduanya tumbuh normal sih tapi tidak rata agak masuk ke dalam, kehimpit pada kedua gigi taringnya di masing2 kedua sisinya, tp sianak tidak merasa keluhan apapun,..bagaimana ini dok supaya gigi anak saya bisa jadi rata dan rapih, apakah nanti harus memakai behel, ataukah ada penganan / cara lain nantinya tanpa harus memaki behel, itu saja Dok terimakih mohon segera di konfirmasi.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Anda. Prosedur perawatan yang digunakan untuk merapikan posisi gigi adalah dengan perawatan orthodontik atau kawat gigi. Perawatan orthodontik tidak dapat dilakukan secara sembarangan, semua prosedur ada standar operasionalnya. Ada beberapa cara untuk mendapatkan ruangan yang dibutuhkan untuk menggeser gigi-gigi yang posisinya perlu diperbaiki, diantaranya adalah pencabutan gigi. Jadi tidak semua kasus harus ada gigi yang dicabut, bergantung pada seberapa besar kebutuhan ruang dan tentunya dicabut/tidaknya gigi baru dapat diputuskan setelah dokter gigi melakukan serangkaian pemeriksaan. Pencabutan gigi geraham bungsu yang bermasalah atau impaksi sebaiknya dilakukan sebelum perawatan orthodonti dilakukan.

Seluruh gigi-geligi pasien diperiksa secara seksama, jika ada yang perlu mendapatkan perawatan (misalnya penambalan atau pembersihan karang gigi) maka harus dirawat terlebih dulu sebelum dilakukan pemasangan kawat. Lalu gigi pasien harus dicetak agar dapat dilakukan model/duplikat gigi. Duplikat ini diperlukan untuk menganalisa kebutuhan ruang dan melakukan rencana perawatan. Selain itu perlu dilakukan foto rontgen (ada dua foto, yaitu panoramik dan cephalometri). Foto ini penting, untuk membantu analisa kebutuhan ruang dan menilai posisi gigi terhadap tulang rahang sehingga dapat menunjang rencana perawatan. Perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi. 

Berikut beberapa artikel terkait yang dapat Anda baca

Waspadai Penjualan Behel Gigi di Situs Jejaring Sosial

Cara Menjaga Kebersihan Kawat Gigi

Manfaat Teh Hijau Bagi Pengguna Kawat Gigi

Orang Dewasa Masih Bisa Pakai Kawat Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar