Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Suntik KB 1 Bulan

15 Jan 2015, 16:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok, saya baru saja menikah 3 bulan sya dan suami memutuskan untuk menunda kehamilan dengan KB suntik 1 bulan . pda minggu ke 3 sesudah menikah saya melakukan KB. tetapi pda bulan ke 3 saya memutuskan untuk menghentikan KB. tetapi ketika saya menstruasi pada bulan itu, lama nya menstruasi saya hampir 14 hari. pertama-tama hanya bercak darah kemudian saya menstruasi dengan biasa. tetapi seharusnya lama menstruasi saya hanya 8 hari tetapi bulan sekarang sudah 14 hari. setelah melewati 10 hari mens saya berkurang kadang hanya bercak darah kadang juga lebih banyak. saya kebingungan dok, saya tidak pernah mengalami hal seperti ini, apakah ini pegaruh dari KB yg saya pakai? mohon jawabannya ya dok, trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB Suntik adalah sering ditemukannya gangguan haid, seperti;

  • siklus haid yang memendek atau memanjang

  • perdarahan yang banyak atau sedikit

  • perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)

  • tidak haid sama sekali

Keterbatasan lainnya adalah terlambatnya kembali  kesuburan setelah penghentian pemakaian, itulah yang menjadi alasan suntikan progestin tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya. Perlu adanya komunikasi antara klien dengan petugas pelayanan kesehatan jika ingin berhenti dan berharap kesuburan datang kembali.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini adalah wajar dan tidak berbahaya. Terlambatnya kembali kesuburan bukan karena terjadinya kerusakan/kelainan pada organ reproduksi, melainkan karena belum habisnya pelepasan obat suntikan dari deponya (tempat suntikan).

Haid baru akan datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan, inilah kemungkinan yang terjadi pada Anda. Dan ini berarti kesuburan Anda sudah kembali. Namun, Jika menstruasi terus berlanjut, jumlah yang banyak atau menimbulkan nyeri yang hebat, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk diketahui penyebab perdarahannya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar