Sukses

Fistula Ani Kambuh

16 Jan 2015, 00:07 WIB
Pria, 38 tahun.

Dok, beberapa bulan yang lalu saya habis operasi fistel ani. namun satu bulan kemudian kambuh lagi. Di bagian atas anus ada pembengkakan dan nyeri, kalau naik motor kadang kekuar darah dan nanah. Bagaimana pengobatannya ?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Fistula ani memang harus mendapat perhatian lebih. Penyakit ini lebih sering menyerang pria pada kisaran usia dewasa muda. Perlu kami ingatkan kembali, fistula ani adalah suatu kondisi di mana terjadi hubungan antara saluran pembuangan kotoran dengan dunia luar yaitu kulit. Hal ini bisa terjadi karena adanya radang di sekitar anus yang kemudian terbentuk abses (bisul) yang selanjutnya bisul pecah dan menghubungkan kulit dengan saluran usus besar.

Umumnya pengobatan untuk fistula ani adalah koreksi penutupan saluran yang mengubungkan antara kulit dengan saluran cerna tersebut.

Mengenai kondisi Anda yang sudah pernah melakukan operasi kemudian timbul kembali bisul tersebut, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis bedah. Kondisi luka yang telah kering seperti Anda katakan harus dilihat secara langsung dan lubang yang sebelumnya telah ditutup harus dievaluasi kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar