Sukses

Kotoran Hidun Anak dan Terdapat Bintik Kecil Pada Hidung

18 Feb 2015, 15:32 WIB
Pria, 3 tahun.

siang dok, anak saya umur 3 tahun kok hidungnya lotorannya banyak banget ya?, dan di sekitar hidung ada bintik2 kecil. mohon bantuannya, terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kotoran Hidung (upil) merupakan hasil pengeringan mukus/lendir hidung. Lendir hidung merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh dalam menyaring berbagai partikel asing atau debu yang berbahaya bagi tubuh. Umumnya, ketika kita bernafas, terdapat berbagai partikel debu yang akan masuk. Debu ini akan tersaring pada lendir hidung dan menjaga saluran pernafasan dari berbagai partikel asing.

Upil dan lendir tetap akan ada meskipun tubuh dalam keadaan sehat. Namun jumlah lendir yang dikeluarkan akan lebih banyak pada keadaan peradangan hidung atau rhinitis. Lendir hidung umumnya diproduksi untuk melubrikasi rongga hidung, sehingga jumlahnya tidak sampai keluar rongga hidung. Namun jika terjadi infeksi hidung, maka produksi lendir akan bertambah dan menyebabkan lendir keluar dari rongga hidung. Apakah saat ini anak anda mengalami tanda-tanda infeksi pada hidung?

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan anak Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu,kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter secara langsung. Demikian juga dengan keluhan bintik-bintik pada hidung anak Anda, dibutuhkan pengamatan langsung untuk menganalisanya.

Untuk menambawah pengetahuan Anda, kami sertakan juga artikel terkait;

Cara Membersihkan Telinga yang Benar 

Waspada Jika Telinga Berdengung!

Kebiasaan Mencabut Bulu Hidung Dapat Menyebabkan Radang Otak

Tindakan Awal Ketika Mimisan

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar