Sukses

Benjolan Pada Payudara Kiri, Tumor?

16 Jan 2015, 01:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok dipayudara saya sebelah kiri itu ada benjolan,tapi tdak sakit kalo dpegang.itu trmasuk ciri2 tumor pyudara bkn dok.sblm nya saya jg udh periksa tp ktnya bkn.tp sy msh takut dok.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui bahwa tidak semua benjolan pada payudara disebabkan oleh kanker. Dalam bahasa kedokteran, tumor merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan suatu benjolan. Benjolan(tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi , penyakit fibrokistik, dan tumor jinak(seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Untuk membedakannya perlu diketahui sejak kapan benjolan tersebut muncul, apakah saat menyusui atau jauh sebelum menyusui/memiliki anak? dimanakah tepatnya letak benjolan tersebut? apakah ukuran benjolan tersebut tetap atau makin membesar? apakah permukaannya licin atau berbenjol, bertepi rata atau tidak, dapat digerakkan atau melekat pada dasarnya, dan bagaimana konsistensinya apakah keras atau lunak? apakah keluhan tersebut terdapat pada salah satu payudara atau keduanya? apakah benjolan menetap atau hilang timbul? apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)? bagaimana keadaan kulit  di atasnya? apakah terdapat kemerahan pada kulit payudara?

Karena kurangnya informasi dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, maka kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara Anda. Oleh karena itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk memeriksa benjolan tersebut Anda dapat melakukan pemeriksaan mammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Dengan demikian Anda dapat segera mendapat penanganan yang optimal.

Berikut kami sertakan beberapa artikel beikut ini yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SaDaRi)

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

5 Langkah Periksa Payudara

Benjolan jinak payudara

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar