Sukses

Gendang Telinga Bocor

25 Dec 2014, 16:40 WIB
Wanita, 44 tahun.

Saya radang telinga. Telinga sebelah kanan genderangnya pecah dan sesekali mengeluarkan cairan walaupun tidak banyak. Selain itu sepertinya liang telinganya tertutup cairan, sehingga mengganggu pendengaran. Apk gendang telinga pecah bisa dikoreksi melalui operasi ?

Gendang Telinga Bocor
 
124 views
Share on email Share on print
 

Selamat siang dokter Saya punya teman yang punya masalah pada telinga nya setelah diperiksa ke spesialis THT kata Dokter gendang telinga nya mengalami kebocoran,oleh Dokter diberi resep obat,namun dalam jangka waktu kira - kira 10 bulan - 1 tahun pasti kambuh,ini sudah berlangsung selama 4 tahun. Yang ingin saya tanyakan adakah tindakan medis yang lebih efektif selain minum obat sesuai dengan resep yang diberkan dokter.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Gendang telinga yang terluka (bocor) dikenal dengan istilah perforasi membran timpani. Mengenai apakah gendang telinga teman Anda bisa kembali seperti normal dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk mengetahui perjalanan penyakit yang teman Anda derita dan seberapa parah derajat kerusakan yang telah terjadi pada gendang telinga teman Anda. Dokter Spesialis THT dapat melakukan observasi apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi.

Semakin besar lubang kebocorannya maka akan semakin sulit untuk menanganinya. Membran timpani atau gendang telinga yang rusak dapat diperbaiki melalui suatu operasi bedah yang disebut dengan timpanoplasti. Tergantung dari kerusakan yang dialami serta waktu mengalaminya. 

Kami sarankan teman Anda untuk kembali konsultasi dengan Dokter Spesialis THT agar dapat dilakukan evaluasi secara menyeluruh.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar