Sukses

Batuk dan Nyeri Dada

25 Dec 2014, 16:27 WIB
Pria, 32 tahun.

saya punya keluhan dada sebelah kiri sakit kalau tarik napas dan kalau batuk juga sakit

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sudah berapa lama kah batuk ini Anda alami? Apakah ada orang sekitar yang menderita batuk lama atau sakit serupa? Batuk yang keras dan lama dapat menyebabkan rasa nyeri pada otot dinding dada. Gejala batuk disertai nyeri dada ini menunjukkan adanya infeksi pada saluran pernapasan. Kemungkinan Anda menderita infeksi saluran pernapasan bawah atau bronkitis.

Bronkitis terbagi menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkhitis akut seringkali disebabkan oleh infeksi virus. Virus yang menyerang biasanya adalah virus yang sering menimbulkan flu yang menyebar hingga ke saluran napas yang lebih dalam sehingga menimbulkan bronkhitis. Disamping akibat infeksi virus, sebagian kecil kasus bronkhitis akut juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun akibat paparan terhadap asap rokok disekitar anda.

Bronkhitis akut yang disebabkan oleh infeksi virus biasanya dapat sembuh secara spontan dalam beberapa minggu jika anda memiliki daya tahan tubuh yang baik. Namun, pada bronkhitis akut yang disebabkan oleh bakteri, diperlukan pemberian antibiotik secara teratur untuk menghilangkan kuman penyebab bronkhitis.

Bila penyakit bronkitis bertahan dan berlanjut kurang lebih selama tiga bulan dalam setahun, maka disebut sebagai bronkitis kronik. Bronkhitis kronik umumnya disebabkan karena merokok atau paparan terhadap asap rokok. Disamping akibat rokok, bronkhitis kronik juga dapat terjadi akibat paparan terhadap debu dan polusi udara untuk waktu yang lama. Perlu disingkirkan juga kemungkinan menderita tuberkulosis paru bila batuk dialami lebih dari 3 minggu terutama bila disertai penurunan berat badan, keringat malam.

Untuk penegakkan diagnosa yang pasti diperlukan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen thorax dan pemeriksaan dahak. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter umum atau spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Untuk sementara hindarilah paparan asap rokok, debu, polusi udara dan zat-zat lain yang bersifat iritan terhadap saluran napas anda untuk mencegah bertambah beratnya gejala yang anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar