Sukses

Kedutan di Telinga

18 Feb 2015, 21:07 WIB
Pria, 44 tahun.

Yth.Pengasuh klikdokter Semenjak tahun 2004 saat belajar di Perguruan Tinggi saya mengalami sebuah penyakit yangmana Daun telinga dan kulit kepala saya bergerak dan setiap pergerakan itu seperti tertarik ke ubun-ubun,gerakan itu tidak bisa saya hentikan yang datang hampir setiap menit,dan gerakan itu akan menimbulkan kelelahan.mohon penjelasannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah yang Anda maksud adalah kedutan? Kedutan (Tic) termasuk dalam jenis gerakan involunter (diskinesia) merupakan gejala yang timbul tanpa kesadaran tubuh Anda sendiri, dan tidak dapat dikontrol.

Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal: seberapa sering kedutan tersebut muncul? Apakah kedutan tersebut menganggu aktivitas Anda sehari-hari?

Kebanyakan penyebabnya datang dari stres, fatigue/lelah, emosi, kelebihan konsumsi kafein, atau kurangnya kalium dalam makanan. Seringkali kedutan dapat hilang sendiri, baik dalam beberapa menit ataupun beberapa hari tanpa ada gejala sisa. Namun, jika terjadi secara terus menerus harus ditelusuri kembali lebih jauh penyebab yang mendasari. 

Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter saraf (neurolog) untuk mengatasi hal ini.

Berikut kami sertakan artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Jangan Sepelekan Kedutan di Wajah

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar