Sukses

Luka Pada Mulut Rahim

18 Feb 2015, 21:18 WIB
Wanita, 24 tahun.

Saya sudah menikah lbh dr 2thn. Saya sudah ke dokter kandungan dan divonis luka pada mulut rahim. Apakah itu bahaya dok? Apakah itu mempengaruhi saya blm hamil? Apakah itu bs berakibat kanker? Perut saya sering nyeri hampir setiap hari, sebelum, sesudah haid n pd masa subur. Dulu nyeri perut bgian kiri, tp sekarang kiri dan kanan, walaupun kiri masih lebih nyeri... paling terasa jika sehabis beraktifitas. Saya juga keputihan dok tp tidak gatal dan tidak bau hampir setiap hari. Apa yang harus saya lakukan dok, sedangkan kami sudah sangat didesak untuk segera hamil, apalagi saya anak tunggal dan anak kami adalah cucu pertama dr org tua dan mertua jadi sangat dinantikan. Terima kasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka pada serviks atau mulut rahim pada umumnya tidak mempengaruhi kesuburan. Kelainan pada serviks memang daapt mempengaruhi kesuburan, namun biasanya disebabkan karena kelainan anatomi (bentuk) mulut rahim. Beberapa faktor yang memepengaruhi kesuburan diantaranya:

  • Usia
  • Gangguan ovulasi/ gangguan menstruasi
  • Berat badan berlebih atau terlalu kurus
  • Kelainan rahim: mioma, peradangan endometrium
  • Endometriosis
  • Merokok
  • Stres

Untuk menjaga kesuburan wanita adalah terutama dengan menjaga kesehatan secara umum, menghindari stres dan menjaga kesehatan saluran reproduksi.

Untuk itu, kami sertakan artikel:

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Pemicu Ketidaksuburan Wanita

7 Tips Menjaga Kesuburan

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar