Sukses

Benjolan Akibat Tambalan Gigi

18 Feb 2015, 21:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, gimana caranya mengempeskan / mengatasi benjolan yg ada di rahang mulut atas? Lidah sy tersntuh trs mnerus hingga tertekan dan sangat sakit. Ini akibat tambalan gigi depan atas sy menjadi sakit. Bagaimana penanganany dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lubang gigi (karies) terjadi akibat infeksi Dalam gigi kita terdapat rongga yang disebut ruang pulpa, berisi pembuluh darah dan persyarafan gigi. bakteri. Kemungkinan besar  karies pada gigi yang Anda keluhkan sudah terlanjur dalam dan mencapai pulpa. Jika karies sudah mencapai pulpa, sebetulnya gigi tersebut tidak boleh langsung ditambal biasa, tapi harus terlebih dulu dilakukan perawatan saluran akar (perawatan syaraf) untuk mensterilkan mahkota dan saluran akar gigi dari bakteri dan sel mati. Jika gigi langsung ditambal tanpa perawatan syaraf, maka bakteri tetap ada di dalam gigi dan melanjutkan infeksinya hingga ke saluran akar dan  berlanjut merusak jaringan penyangga gigi yang meliputi gusi dan tulang. Akibatnya terjadilah abses yaitu rongga yang berisi nanah di sekitar ujung akar gigi yang bersangkutan, kemungkinan besar itulah yang terjadi pada gigi Anda.

Abses akut menimbulkan gejala rasa sakit yang cukup parah terutama bila gigi terantuk atau kontak dengan gigi lawan saat mengunyah, gusi terlihat bengkak di sekitar gigi bersangkutan bahkan bisa juga meliputi wajah dan leher, dan umumnya pembengkakan berwarna merah terang, dan makanan panas dapat memperparah rasa sakitnya. Tidak disarankan untuk menusuk-nusuk abses dengan sembarang alat yang tidak steril karena dikhawatirkan dapat memperburuk infeksi yang sedang terjadi.

Kami anjurkan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter gigi untuk penanganan yang optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar