Sukses

Anak Mudah Mencret

15 Jan 2015, 17:59 WIB
Wanita, 3 tahun.

Dok knp anak saya mudah mencret, jd 2 hari tidak buang air besar, ketiga harinya mencret, sdh beransur 2 minggu dok, ank sy berumur tiga bulan

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu dilengkapi informasi mengenai BAB mencret yang Anda utarakan, apakah kotorannya hanya lembek saja atau dalam bentuk air+ampas, atau hanya air saja? adakah lendir? adakah darah? adakah kelainan warna kotoran? berapa kali dalam sehari? gejala lain yang menyertai; mual, muntah, nyeri perut, demam?

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamatory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari Anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

  • virus (paling sering)
  • bakteri
  • infeksi parasit
  • obat-obatan (kafein, alkohol)
  • penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)
  • laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)
  • pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Gejala yang menyertai diare dapat berupa mual dan muntah, yang disebabkan oleh infeksi. Infeksi bakteri atau parasit biasanya menyebabkan buang air besar yang berdarah dan juga terjadi demam.

Sudahkah anak Anda diperiksa oleh dokter? Jika belum, kami sarankan Anda untuk membawa anak Anda kepada dokter umum maupun dokter spesialis anak.

Biasanya dokter akan membiarkan diare anak agar keluar terlebih dahulu dengan harapan virus penyebab diare ikut keluar dari saluran anak.Yang penting anak mendapatkan cairan rehidrasi baik berupa cairan infus ataupun cairan oral seperti oralit(renalyte),air mineral,dsb sehingga tidak terjadi dehidrasi.

Memang membutuhkan kesabaran lebih bila anak sakit,anda sebagai orang tua tidak boleh mudah putus asa.Bujuk anak agar mau meminum obat yang diberikan.Obat berupa Zinc penting pada diare karena zinc dibutuhkan untuk menumbuhkan mukosa usus yang rusak saat diare.Dengan diberikan zinc diharapkan permukaan usus yang rusak saat diare dapat diganti dengan permukaan usus yang baru.Zinc juga dapat menurunkan angka kekambuhan diare pada anak.Penggunaan L-bio pada anak diare adalah bertujuan untuk memacu pertumbuhan bakteri baik yang dibutuhkan oleh usus.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar