Sukses

Vitamin Untuk Petumbuhan dan Solusi Pori-pori besar pada Hidung

25 Dec 2014, 15:19 WIB
Pria, 20 tahun.

mohon maaf, dok saya ingin bertanya untuk vitamin pertumbuhan yang bagus apa ya? selain susu dan buah tentunya, saya rutin juga olahraga tinggi saya sekarang 174cm umur menjelang 20th, serta untuk menutup pori2 besar di hidung bekas jerawat bagaimana dok ya? , mohon konfirmasinya terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Vitamin dan mineral merupakan nutrien yang penting dalam menyokong pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan, perbaikan jaringan dan tulang, serta kesehatan kulit, mata, dan respon imun. Sumber vitamin ini antara lain susu, keju, telur, sayuran berwarna kuning dan oranye seperti wortel.

  2. Vitamin B, termasuk B2, B3, B6, dan B12, membantu metabolisme, produksi energi, dan sistem pembuluh darah serta saraf yang sehat. Sumber vitamin ini antara lain daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju.

  3. Vitamin C mendukung kesehatan otot, jaringan ikat, dan kulit. Sumber yang baik termasuk buah-buahan seperti jeruk, strawberry, dan sayur-sayuran tomat dan brokoli.

  4. Vitamin D penting untuk pembentukan tulang dan gigi serta membantu tubuh menyerap kalsium. Sumber yang baik adalah susu dan produk susu lain yang sudah difortifikasi dan minyak ikan. Namun, sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari.

  5. Kalsium membantu pembentukan tulang yang kuat. Sumbernya antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan jus jeruk yang sudah difortifikasi.

  6. Besi membantu membangun otot dan penting dalam pembentukan sel darah merah. Defisiensi atau kekurangan besi dapat terjadi pada anak yang baru mulai mendapatkan makanan tambahan serta pada remaja (masa pertumbuhan cepat), terutama pada anak remaja perempuan yang mulai mengalami menstruasi. Sumber yang baik termasuk daging merah dan bayam.

Penuhilah kebutuhan vitamin dan mineral ini melalui menu diet yang seimbang dan bervariasi. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan beraneka warna. Selain itu, perhatikan kandungan nutrien pada label makanan dan minuman yang Anda beli.

Untuk keluhan pada kulit wajah Anda. Pori-pori kulit merupakan saluran keluar dari kelenjar minyak (sebum). Pori-pori yang besar akan mudah tertutup oleh keringat, minyak, kulit-kulit mati, debu, dll, sehingga saluran kelenjar keringat kulit menjadi tersumbat dan meradang. Anda perlu membersihkan wajah secara rutin 2 kali sehari agar menghindari pembentukan komedo.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Apa yang harus dilakukan?

  • Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa
  • Diet rendah lemak dan karbohidrat
  • Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit
  • HIndari stress
  • Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)
  • Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok
  • Hindari polusi udara
  • Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi

Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu-4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih. Selain itu dapat juga diberikan krim yang mengandung retinoid acid. Namun obat ini harus berada di bawah pengawasan dokter karena dapat menimbulkan efek samping jika dosis, cara, dan waktu pemakaian tidak tepat.

Berikut kami lampirkan artikel terkait:

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar