Sukses

Otot Lengan Terasa Keras dan Sakit Bila Digerakkan

22 Dec 2014, 15:35 WIB
Pria, 64 tahun.

Otot lengan saya terasa keras dan sakit bila lengan digerakkan. kadang telapak tangan sampai gak kuat ngangkat baarang meskipun sangat ringan. mhn penjelasan dan obatnya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan yang Anda alami kemungkinan dapat disebabkan oleh kelainan otot atau kelainan saraf. Keluhan yang terjadi pada kelainan otot diantaranya adalah kelemahan, spastis (kaku), myoklonus, myalgia. Penyakit neuromuskular yang melibatkan saraf dan otot memang dapat mempengaruhi kontrol saraf terhadap otot di lokasi tertentu.

Untuk mengetahui kelainan yang mungkin terjadi haruslah terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan darah (level kreatinin kinase) dan electromyography (mengukur aktivitas listrik di otot). Pada beberapa kasus, mungkin biopsi otot dibutuhkan untuk menegakkan kemungkinan abnormalitas DNA (genetik).

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan saran terapi atau resep obat yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian diagnosis. Guna evaluasi lebih lanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis saraf.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar