Sukses

Lambung Ke Atas Panas Saat Batuk, Magg?

08 Jan 2015, 17:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok, jika lambung dan keatasnya terasa panas terlebih jika batuk sdh 2 hari setelah sarapn umbi dan minum klindamisin. Tetapi tdk ada riwayat maag. Apakah kemungknan asam lambung atau yg lain dok? Trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan mungkin merupakan salah satu tanda dari peningkatan asam lambung yang mengalami refluks ke kerongkongan yang dikenal dengan penyakit Refluks Gastroesofageal. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi stres, cemas serta konsumsi obat-obatan atau makanan tertentu dapat menyebabkan kenaikan produksi asam lambung dimana hal ini tentu saja dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasakan.

Pencegahan gejala adalah menghindari segala macam pencetus yang menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Seperti telat makan, makan-makanan pedas/asam, stress, kopi, dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi keluhan yang Anda alami : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Untuk pola makan, Anda harus menghindari makanan-makanan berikut ini;

1. Makanan yang Banyak Mengandung Gas:

Jika Anda memiliki riwayat maag, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk Anda karena diyakini menyebabkan produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan, antara lain lemak hewani, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan dan minuman bersoda.

2. Makanan yang Merangsang Keluarnya Asam Lambung:

Berikut beberapa makanan dan minuman yang merangsang keluarnya asam lambung, yang sangat tidak direkomendasikan bagi penderita maag, antara lain kopi, minuman yang mengandung 5-20% alkohol,  anggur putih dan sari buah sitrus.

3. Makanan yang Sulit Dicerna Membuat Pengosongan Lambung Lebih Lambat

Jika pengosongan lambung tertunda lebih dari waktu sewajarnya, maka membuat kinerja lambung dua kali lebih banyak. Dengan demikian akan mencetus gas dan akan semakin memperparah gejala maag yang berpotensi muncul. Berikut ini beberapa makanan yang membuat pengosongan lambung, diantaranya makanan berlemak, kue tart dan keju.

4. Makanan yang Dapat Merusak Dinding Lambung:

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rusaknya dinding lambung, yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag juga, diantaranya Cuka, pedas, merica dan bumbu yang kuat dan bersifat asam (acid).

5. Makanan yang Melemahkan Klep Kerongkongan Bawah:

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah, yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag, diantaranya adalah alkohol / minuman keras, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

6. Sumber karbohidrat:

Berikut ini adalah sumber makanan yang kaya karbohidrat yang harus diwaspadai oleh penderita maag, diantaranya adalah beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Bila keluhan tersebut memang disebabkan oleh peningkatan asam lambung, dokter Anda mungkin akan memberikan obat-obatan untuk mengurangi produksi ataupun menetralisir asam lambung yang berlebih.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Beda Sakit Maag dan GERD

Kembung: Sakit Maag atau Infeksi Bakteri?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar