Sukses

Hasil Laboratorium CPK Serum Tinggi

13 Jan 2015, 22:09 WIB
Pria, 44 tahun.

saya barusan periksa di lab , hasil CpK serum 250 ; asam urat 6,4 ;kadar gula 160..... makanan/obat/olahraga apa yg bisa menurunkan CPK ,trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kreatin kinase (CK) atau juga dikenal dengan nama kreatin fosfokinase (CPK) merupakan enzim yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi pada otot jantung dan otot rangka, dan dalam konsentrasi rendah pada jaringan otak.

Untuk menurunkan kadar CPK perlu diketahui dulu penyebab kenaikannya.
  • Peningkatan besar (Lebih dari 5 kali Normal) : Distrofi otot Duchenne, polimiositis, dermatomiositis, infark miokardium akut (MCI akut)
  • Peningkatan ringan-sedang (2-4 kali Normal) : Infark miokardium akut (MCI akut), cedera iskemik berat; olah raga berat, taruma, cedera serebrovaskuler (CVA), tindakan bedah; delirium tremens, miopatik alkoholik; infark paru; edema paru (beberapa pasien); hipotiroidisme; psikosis agitatif akut. Pengaruh obat : Injeksi IM, deksametason (Decadron), furosemid (lasix), aspirin (dosis tinggi), ampisilin, karbenisilin, klofibrat.

Jika penyebab sudah teratasi, maka kadar CPK akan sendirinya turun kembali. Sebaiknya Anda juga memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mencari kemungkinan penyebab atau gangguan yang terjadi pada Anda, agar dapat ditangani segera.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar