Sukses

Sering Berdebar Saat Hamil

08 Jan 2015, 21:40 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok, saya mau tanya, istri saya hamil 5bulan jalan, 2 bulan ini jantung nya sering berdebar, itu karna apa ya? terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

 

Keluhan jantung yang berdetak kencang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab mulai dari yang ringan yaitu karena aktivitas fisik yang berat,  faktor psikis seperti emosi, hingga masalah atau penyakit yang lebih serius seperti gangguan pada jantung. Perubahan posisi dari bangun ke duduk yang terlalu cepat juga dapat menyebabkan keluhan berdebar-debar, pusing, dan berkunang-kunang. Hal ini terjadi karena penurunan tekanan darah yang terjadi tiba-tiba akibat perubahan posisi. Selain itu, semakin besar kandungan anda, maka akan semakin kuat rahim anda menekan diafragma ke atas. Organ-organ di dalam perut pun ikut terdesak. Pada umumnya, keluhan mual hingga berdebar yang menyerupai penyakit jantung dapat terjadi karena organ perut (lambung) yang terdesak menyebabkan terjadinya refluks gastroesofageal (GERD) yaitu asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Untuk mengatasinya kami sarankan agar isteri anda makan dalam porsi sedikit namun sering dan jangan langsung berbaring setelah makan.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang isteri Anda rasakan, kami sarankan isteri Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Karena untuk memastikan apakah terdapat kelainan pada jantung memerlukan pemeriksaan lebih lanjut mulai dari wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penjunjang seperti EKG, rontgen dan lain sebagainya. Bila penyebab keluhan tersebut sudah diketahui , baru dapat dilakukan penanganan atau terapi yang sesuai.

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar yang dapat Anda baca untuk menambah informasi.

 Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai Keluhan-Keluhan selama Kehamilan di URL link :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/135

Anda juga dapat memanfaatkan fitur Kalender Kehamilan yang terdapat di halaman depan website kami untuk mendapatkan informasi mengenai kehamilan dari minggu ke minggu beserta dengan tipsnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar