Sukses

Oligoasthenozoospermia dan Leukospermia

24 Nov 2014, 00:49 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok saya mau tanya apakah oligoasthenozoospermia dan leukospermia bisa disembuhkan.suami sy di diagnosa oleh dokter sprti itu.oya apa obat untuk menurunkan leukosit pada sperma tsb, trim's y dok ats jawabannya

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Oligoastenozoospermia, yaitu suatu keadaan dimana jumlah sperma kurang dari normal (<20 juta/ml), pergerakannya kurang baik dan bentuk sperma yang tidak normal. Adanya gangguan pergerakan ini mempengaruhi kemampuan sperma dalam membuahi sel telur. Penyebab keadaan ini bermacam-macam, antara lain gangguan pembuluh darah, infeksi, imunologi, testis terlampau panas, dll. Karena itu perlu dieksplorasi lebih lanjut kemungkinan penyebab hal ini. Hasil analisa sperma yang kurang baik,  memang  menurunkan peluang untuk memiliki anak. 

Leukospermia adalah adanya sel darah putih yang tidak normal(>1 juta/ml) pada semen yang menunjukkan kemungkinan ada infeksi di saluran reproduksi atau pengeluaran sperma. Sebaiknya dilakukan kultur cairan semen untuk menentukan jenis infeksi dan dilakukan pengobatan yang sesuai(biasanya dengan antibiotik). Infeksi saluran sperma dapat menyebabkan kerusakan saluran sperma maupun testis.

Oligoasthenozoospermia merupakan keadaan yang sangat sulit disembuhkan, sedangkan leukospermia dapat disembuhkan dengan obat antibiotik yang sesuai dengan organisme penyebabnya. Seseorang dengan oligoasthenozoospermia masih memiliki kesempatan untuk memiliki anak jika oligoasthenozoospermia yang dialami tidak terlalu berat, cara yang dapat dilakukan untuk memiliki anak adalah dengan inseminasi buatan.

Kami sarankan suami Anda menghubungi dokter spesialis Andrologi untuk mencari penyebab dari kondisi suami Anda saat ini dan mendiskusikan pilihan penanganan yang optimal yang dapat suami Anda jalani.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk menambah informasi Anda:

5 Makanan untuk Sperma Sehat

Kunyit Sebabkan Kemandulan pada Pria?

5 Hal Penyebab Sperma Sehat

Pria Obesitas, Jumlah Sperma Sedikit?

Kapan Harus Periksa Sperma?

Ilmuwan Berhasil Ciptakan Sperma Buatan

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar