Sukses

Obat Untuk Diabetes

28 Nov 2014, 14:40 WIB
Pria, 62 tahun.

OBAT APA YANG PALING BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Hingga saat ini diabetes belum dapat disembuhkan. Penelitian medis dalam bidang ini masih terus gencar dilakukan. Yang dapat dilakukan adalah mengontrol diabetes tersebut agar Anda dapat beraktivitas seperti biasa. Penanganan diabetes memerlukan edukasi, pengaturan makanan (diet), aktivitas fisik, dan obat-obatan jika perlu. Orang dengan diabetes harus menggunakan alat tes gula darah yang dapat digunakan di rumah dan kantor untuk memantau kadar gula, kolesterol, dan trigliserida dalam darah. Adapun pengobatan untuk diabetes antara lain golongan obat hipoglikemik oral (OHO) ataupun terapi suntik insulin. Jenis obat tersebut dapat digunakan secara sendiri-sendiri maupun dalam kombinasi, disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Pada prinsipnya, diabetes dikendalikan dengan: 

  • Perencanaan makan yang baik, melakukan 3J (Jumlah, Jadwal, dan Jenis). Sudahkah Anda memiliki perencanaan makan yang teratur?
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur setidaknya 3 kali seminggu, selama minimal 30 menit. Contohnya adalah jogging, senam, jalan kaki, bersepeda, dan lainnya
  • Obat yang diminum (anti diabetik) ataupun terapi suntik insulin. Contoh obat minum adalah golongan Anti diabetik oral. 
  • Monitor kadar glikemik, diskusikan target kadar glukosa darah dengan dokter yang merawat orang tua Anda
Keempat prinsip di atas perlu diterapkan secara berkesinambungan agar kadar gula darah tetap terkontrol. Diskusikan dengan dokter atau ahli gizi Anda mengenai perencanaan makan dan aktivitas yang sesuai. Jenis obat juga perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, serta faktor lain seperti sensitivitas terhadap insulin, kadar kolesterol, fungsi ginjal, dan lainnya. Kami menyarankan Anda untuk mendatangi langsung dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan obat yang tepat dan penanganan optimal.
 
Berikut artikel terkait yang dapat menambah informasi Anda:
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar