Sukses

Hidung Tersumbat Sebelah

25 Nov 2014, 12:22 WIB
Pria, 18 tahun.

Ini Hidung saya tersumbat sebelah cukup lama,kira-kira penyakit apa ya dok? terus cara menangani pnyakitnya gimana?

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah hidungnya mampet oleh lendir/ingus atau seperti ada yang mengganjal? Apakah ada nyeri di sekitar hidung, pipi, atau dahi saat ditekan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi? Apakah ada gejala sering bersin-bersin pada pagi hari, mata berair, keluar ingus terutama pagi hari atau terkena debu?

Hidung tersumbat merupakan suatu keadaan dimana terjadi pembekakan pada lapisan dinding hidung yang diakibatkan oleh peradangan. Dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti : Alergi, influenza atau infeksi saluran pernafasan atas, deviasi septum, sinusitis, polip nasal, rhinitis vasomotor, dan rhinitis medikamentosa (akibat obat-obatan), serta GERD (asam lambung yang naik ke kerongkongan). 

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebab dari hidung tersumbat tersebut. Untuk mengetahui penyebab dari hidung tersumbat tersebut dibutuhkan pemeriksaan hidung secara langsung. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT agar dapat mengetahui penyebab pasti dan tatalaksana yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar