Sukses

Hamil Di Usia Tua

25 Dec 2014, 08:27 WIB
Wanita, 44 tahun.

Saya terlambat menikah dan pada usia saya ini kami berkeinginan untuk mempunya keturunan. Saya sudah berkonsultasi ke beberapa dokter, mereka sudah tidak mendukung karena usia saya. Kalau ada saran-saran dokter ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang sedang Anda rasakan. Kehamilan diusia Anda saat ini memiliki banyak resiko baik untuk ibu maupun janin sehingga tidak dianjurkan.

Berdasarkan penelitian, usia reproduksi yang sehat untuk wanita adalah 20-30 tahun. Sebaiknya seorang wanita berhenti melahirkan di atas usia 30 tahun. Ketika seorang wanita di atas usia 35 tahun hamil, maka kehamilan tersebut termasuk dalam kehamilan dengan risiko tinggi.

Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang memiliki bahaya lebih besar dibandingkan kehamilan normal, demikian juga dengan proses persalinannya. Yang dikhawatirkan adalah terjadinya komplikasi baik saat hamil maupun saat melahirkan yang berujung pada kematian.

Cacat janin pada kehamilan usia tua terkait dengan kondisi sel-sel telur yang biasanya sudah tidak lagi baik. Akibat dari sel telur yang kualitasnya menurun tersebut dapat berakibat kelahiran bayi yang cacat baik secara fisik maupun genetik. Umumnya adalah resiko bayi lahir dengan sindroma down.

Bayi tabung merupakan salah satu pilihan jika Anda dan pasangan tetap menginginkan adanya keturunan. Pada program bayi tabung, biasanya dapat dilakukan pemilihan sel telur yang baik untuk dapat dilakukan pembuahan sehingga risiko terjadinya cacat janin dapat berkurang walaupun risiko tersebut masih ada.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar