Sukses

Mengkonsumsi Obat Flu Tenggorokan Menjadi Sangat Gatal Dan Flu Tidak Reda

14 Jan 2015, 10:55 WIB
Pria, 23 tahun.

kenapa setiap mengkonsumsi obat flu yang banyak di jual di pasaran, teggorokan menjadi sangat gatal dan flu tidak reda?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun sebelumnya perlu dijelaskan mengenai keluhan yang Anda rasakan? Sejak kapan flu dirasakan? Apakah hilang timbul atau menetap sepanjang hari? Adakah hal yang memperberat, misalnya cuaca dingin? Adakah hal yang memperingan, misalnya dengan istirahat? adakah gejala lain yang menyertai, seperti demam dan lainnya? obat jenis apa yang Anda konsumsi dan apa saja komposisinya?

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular melalui udara lewat batuk atau bersin yang disebabkan oleh virus influenza. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Penderita flu disarankan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan rokok dan apabila diperlukan, mengonsumsi obat seperti asetaminofen (parasetamol) untuk meredakan gejala demam dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu. Anak-anak dan remaja dengan gejala flu (terutama demam) sebaiknya menghindari penggunaan aspirin pada saat infeksi influenza (terutama influenza tipe B), karena hal tersebut dapat menimbulkan sindrom Reye,  suatu penyakit hati  yang langka namun memiliki potensi menimbulkan kematian. Karena influenza disebabkan oleh virus, antibiotik tidak memiliki pengaruh terhadap infeksi; kecuali diberikan untuk infeksi sekunder sperti pneumonia bakterialis. Pengobatan antiviral dapat efektif, namun sebagian inflenza dapat menunjukkan resistensi terhadap obat-obat antivirus standar.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar