Sukses

Anjuran Makan Untuk Penyandang Diabetes

15 Jan 2015, 16:01 WIB
Pria, 68 tahun.

Sore dok, saya mau bertanya nih dok Saya punya ayah yang di diagnosa terkena diabetes, kadar gula berdasarkan hasil pemeriksaan dokter adl 560, sudah diberi obat2an jg termasuk obat mual (sebelum diabetes ayah jg didiagnosa terkena maag & penyakit paru karena termasuk perokok aktif). Yang sy ingin tanyakan 1.knp ayah sy tetap mual bahkan muntah setelah makan nasi jagung/bubur gandum ya dok? 2.apakah diperbolehkan mengkonsumsi makanan dingin seperti buah2an yang disimpen dalam lemari es ataupun air es 3.jenis makanan/minuman apa saja yang diperbolehkan? 4.apakah kentang yang digoreng/dikukus boleh diberikan sbgai pengganti nasi, karena dari hasil browsing sy kmaren terdapat pendapat yg membolehkan dan juga tidak 5.bolehkan penggunaan gula jagung yang setiap hari (dalam sehari rata2 8 gram untuk dicampurkan ke minuman/makanan) mungkin itu saja dok yang ingin saya tanyakan terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Anjuran makan untuk diabetesein (penyandang diabetes) hampir sama dengan anjuran makan orang sehat yaitu makanan seimbang, sesuai dengan kebutuhan gizi. Bedanya pada penyandang diabetes : ditekankan pada perlunya makan teratur dalam hal jenis dan jumlah maknan serta waktu makan.

Bagaimana Cara Makan yang Teratur, Untuk itu perlu diketahui :

  1. Kebutuhan energi / kalori sehari
  2. Kebutuhan Bahan makanan sehari
  3. Daftar Bahan Makana penukar dan cara penggunaannya. Dietesein akan membantu anda dalam hal tersebut diatas.

Kadang-kadang dikeluhkan bahwa makan teratur sulit dilakukan pada keadaan tertentu sperti pada saat:

  1. Sibuk, tidak sempat keluar makan
  2. Dalam perjalanan, dimana sukar mencari rumah makan
  3. Dalam keadaan sakit seperti flu, sakit tenggorokan dimana nafsu makan menurun.

Keadaan di atas dapat mengakibatkan terlambat makan. Terlambat makan pada diabetesein dapat mengakibatkan hipoglikemia yang membahayakan. Hipoglikemia terutama dapat terjadi pada seseorang yang telah minum obat penurun glukosa darah atau menggunakan suntikan hormon insulin dan makan tidak teratur.

Diabetesein yang tidak bisa makan makanan seimbang biasa karena suatu sebab seperti sibuk, tidak tersedianya makanan biasa atau karena sakit, dapat menggantikan makanan mereka dengan pengganti makan.

Pengganti makanan adalah makanan cair yang susunan zat gizinya dibuat seperti makanan seimbang untuk kondisi diabetesein.

Untuk menjawab pertanyaan Anda dan panduan serta informasi lengkap mengenai Diabetes, diet, dan serba-serbi penanganannya, Anda dapat meng-akses Rubrik Diabetes yang kami miliki.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar