Sukses

Anak Kembung dan Sulit Buang Angin

31 Dec 2014, 12:16 WIB
Pria, 32 tahun.

Bagaimana mengatasi anak perutnya suka kembung,susah buang angin

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab keluhan pada anak Anda tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung.

Pada orang dewasa, keluhan perut terasa kembung dan sulit buang angin kemungkinan disebabkan karena dispepsia atau gangguan pencernaan yang dapat diatasi dengan membatasi makanan yang merangsang lambung serta beberapa obat pencernaan. Kondisi ini juga dapat disebabkan karena tubuh yang kurang fit, istirahat kurang, makan tidak teratur, jarang berolahraga, dan stress. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan disarankan untuk makan makanan bergizi secara teratur, istirahat cukup (6-8 jam/hari), olahraga rutin (3-5x/minggu), serta hindari stress.

Berbeda halnya jika keluhan ini dialami oleh anak yang berusia kurang dari 1 tahun, perut kembung dan tidak bisa buang angin dapat merupakan tanda-tanda gangguan kerja dari usus, seperti Hirschprung disease, gangguan elektrolit atau keadaan lain yang dapat membahayakan anak.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan saran terapi untuk anak Anda tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, kami sarankan Anda memeriksakan kondisi anak Anda secara langsung ke dokter spesialis anak untuk mengetahui penyebab keluhan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar