Sukses

Benjolan Antara Dubur dan Vagina

15 Dec 2014, 14:25 WIB
Wanita, 25 tahun.

maaf sy mau tanya,sdh 2 hari ini ada benjolan di antara vagina dan dubur sy sebesar kacang,tidak sakit hanya merasa kurang yaman saja.apakah itu berbahaya atau tidak y,trim's

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami bahwa Anda menginginkan pengobatan secepatnya. Namun, selain data berupa cerita mengenai keluhan, setiap benjolan di bagian tubuh mana pun perlu pemeriksaan secara kasat mata oleh dokter untuk menentukan lokasi yg paling tepat, konsistensi, batas, dan tanda-tanda peradangan. Semua informasi tersebut tentunya akan menunjang penegakkan diagnosis.

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin dapat mengarahkan Anda pada diagnosis dari keluhan yang dialami.

Pada waktu kapan saja benjolan terasa mengeras dan kemudian mengempes? Apakah mengeras ketika Anda jongkok dan mengedan saat buang air besar, dan kemudian mengempes secara perlahan setelahnya? Jika lebih kurang keluhan yang dialami seperti itu, kemungkinan Anda mengalami wasir atau hemoroid eksterna. Namun, penanganan yang tepat adalah dengan memeriksakan diri secepatnya, bisa dengan dokter umum untuk kemudian diketahui kemungkinan diagnosis, penanganan yang sesuai dan kemungkinan dirujuk ke dokter spesialis bedah.

Sebagai bahan referensi dalam mengenal keluhan yang dialami, Anda dapat mengakses judul artikel  Wasir (hemoroid).

Kemungkinan lain, keluhan Anda merupakan keloid. Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka Anda juga akan membentuk keloid.  Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar