Sukses

Tenggorokan Bengkak, Peradangan Kelenjar?

09 Jan 2015, 00:02 WIB
Wanita, 24 tahun.

seminggu lalu (24okt) tenggorokan saya ga enak, disusul pilek, sampai akhirnya kamis (30okt) didaerah tenggorokan kanan saya bengkak. saya sudah ke dokter, katanya kelenjar dan diberi obat radang. apakah ada efek samping karena kelenjar tsb? atau hanya radang biasa? tks dok :)

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah yang Anda maksud dengan kelenjar adalah kelenjar getah bening atau kelenjar lain? Kelenjar getah bening(KGB) merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. KGB dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun yang sering kali dapat teraba jika terjadi pembesaran adalah di daerah leher, ketiak dan lipat paha(inguinal). KGB dapat membesar karena adanya penyakit atau infeksi, namun dapat juga membesar tanpa sebab yang jelas.

Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi baik bakteri atau virus, karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut.

Pada kebanyakan kasus, pembesaran KGB (limfadenopati) bukanlah permasalahan yang serius, tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabya merupakan keganasan (kanker). Umumnya limfadenopati akan mengecil ke ukuran semula ketika penyakit atau infeksi sudah berlalu. Pada kasus Anda, sebab pembesaran kelenjar adalah infeksi/peradangan sehingga dokter Anda memberikan pengobatan antibiotik. Jika setelah menyelesaikan pengobatan dengan antibiotik dan keluhan tidak juga membaik, kami sarankan Anda kontrol kembali ke dokter yang menangani Anda untuk evaluasi lebih lanjut penyebab pembesaran kelenjar agar penanganan selanjutnya lebih optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar