Sukses

Radang Tenggorokan disertai Pembesaran Amandel

31 Dec 2014, 12:47 WIB
Pria, 31 tahun.

anak saya umur 6thn radang tenggorokan kelihatan gede bgt. makan susah, berat badan jg menurun. apa bisa radang disembuhkan secara cepat? trus ada ngga obat yg bisa bener2 menyembuhkan radang tenggorokan? trm ksih.

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Adapun gejala klinis yang ditimbulkan oleh infeksi virus atau bakteri tidak memiliki perbedaan yang bermakna, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kultur dari usap tenggorok untuk memastikannya. Bagaimanapun, besar kemungkinan adanya infeksi bakteri apabila radang tenggorokan disertai lendir berwarna kuning/kehijauan.  

Pengobatan yang diberikan pada radang tenggorokan karena infeksi bakteri berbeda dengan infeksi virus. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus umumnya bersifat self-limiting atau dapat sembuh spontan tanpa pengobatan. Yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik, antara lain dengan makan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Demam dapat diturunkan dengan basuhan air hangat, banyak minum, atau dibantu dengan obat penurun panas. Sedangkan radang tenggorokan akibat infeksi bakteri memerlukan pengobatan tambahan dengan antibiotik minimal selama 5 hari.  

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain.

Apakah yang Anda maksud dengan radang tenggorokan kelihatan sudah besar adalah peradangan amandel? Apabila iya, amandel atau tonsil (istilah medis) merupakan salah satu jaringan yang berfungsi membantu melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi sel darah putih sebagai bentuk tentara tubuh yang melawan infeksi. 

Tonsil akan membesar manakala sedang terjadi proses peradangan atau infeksi, akibatnya timbul rasa tidak nyaman gatal pada tenggorokkan dan nyeri saat menelan sehingga nafsu makan juga ikut menurun. Gejala lain yang dapat menyertai yaitu demam akibat adanya infeksi pada tubuh. Saat dilakukan pemeriksaan, akan terlihat amandel yang membesar dan merah, dapat juga ditutupi kotoran pada lekukan-lekukannya.

Radang tonsil tidak selalu diatasi dengan operasi. Radang yang disebabkan oleh virus akan menghilang dengan sendirinya. Atau cukup ditambah dengan obat-obatan yang mengurangi gejala (simptomatik), seperti penurun demam, penghilang nyeri atau gatal. Anda dapat mengurangi nyeri pada tenggorok dengan berkumur-kumur dengan air garam ataupun minum teh hangat. Radang yang disebabkan oleh bakteri akan memerlukan pemberian antibiotik. Apabila tonsil mengecil dengan obat-obatan maka tidak akan menjadi masalah karena ia merupakan salah satu pertahanan tubuh yang akan membesar saat terjadi infeksi dan mengecil apabila infeksinya hilang. Jadi tidak semua radang tonsil harus dioperasi. 

Namun apabila tonsil terus membesar dan menutup jalan napas maka sebaiknya tidak terus dibiarkan karena berbahaya. Operasi tonsil (tonsilektomi) dilakukan apabila sesuai dengan indikasinya, antara lain:

  1. Pembesaran tonsil yang sudah menutup dan menyebabkan sumbatan jalan napas. Gejalanya diantaranya adalah obstructive sleep apnea yaitu kondisi berhentinya bernapas secara tiba-tiba kala sedang tidur karena pembesaran tonsil, atau mendengkur (mengorok) saat tidur
  2. Radang pada tonsil yang berulang karena infeksi atau serangan tonsilitis 4-5 kali atau lebih dalam 1 tahun dengan terapi yang adekuat
  3. Tonsil mengandung kripta-kripta/ lekukan atau mengalami abses peritonsilar (penumpukan nanah di sekitar tonsil)
  4. Sulit menelan akibat tonsil yang sangat besar dengan kripta

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda tersebut. Sekali lagi, pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda : Berkelit Penyakit Radang Tenggorokan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar